2013-03-04

PEMUDA INSPIRATIF



Islam mengajarkan banyak hal kepada umatnya. Dalam islam, semua pekerjaan dilandasi karena Allah. Maka dari itu, yakinlah bahwa Allah melihat dan memberikan balasan tentang apa yang kita lakukan. Setelah yakin akan hal itu, tentunya kita sebagai generasi muda akan melakukan hal yang positif. Salah satunya adalah menjadi pemuda yang inspiratif. Sebagai contoh yang sedang marak-maraknya diperbincangkan dan menjadi inspirasi banyak pemuda sekarang adalah Fatin Sidqia Lubis. Dengan hijabnya, Fatin yang masih berusia 16 tahun mampu membuktikan bahwa hijab bukan halangan untuk mengembangkan potensinya. Terbukti dengan lolosnya Fatin di sebuah ajang menyanyi terbesar di Indonesia dan mampu membuat para juri terkesan dengan suara dan gaya busananya yang memiliki cirikhas.
Kenapa kita harus menjadi pemuda yang inspiratif? Pemuda inspiratif adalah pemuda yang mampu mengembangkan potensinya. Dengan mengembangkan potensi kita mampu menentukan takdir kita. “Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin, sehingga Allah pun akan berkonsultasi dengan mu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu”.
Menjadi pemuda inspiratif pastinya tidak mudah. Butuh pondasi keimanan dan idealisme untuk mencapai kesuksesan. Pondasi keimanan yang kita bangun harus benar-benar kuat karena podasi keimanan dapat luntur akibat beberapa hal. Untuk melatarbelakangi perubahan diri kita, harus dari hati. Dengan kemantapan dari hati maka pengaruh buruk yang kelak akan menghampiri kita tidak menjadi masalah yang berarti bagi kita.
Pemuda yang inspiratif lahir dari kesederhanaan dan pengorbanan. Sehingga keterbatasan tempat tidak mempengaruhi kapasitasnya untuk selalu berkembang. Pemuda inspiratif selalu memiliki rencana positif untuk kedepannya. Terkadang rencana itu berbentuk hayalan. Hayalan yang  akan menjadi motivasi untuk diwujudkan.
Perjalanan hidup untuk selalu berkembang terkadang tidak semulus yang kita bayangkan. Hambatan yang paling berat adalah yang berasal dari diri kita sendiri. Setiap manusia diciptakan dengan potensi masing-masing. Namun sering kita merasa ragu dengan kemampuan yang kita punya. Setiap mencoba berubah selalu mendapat masalah, dan disaat berusaha keluar dari masalah tersebut kita menjadi lemah karena kegagalan akan usaha kita. Mungkin kita sering mendengar kalimat “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Kalimat tersebut sangat sederhana tapi memiliki makna yang besar untuk merubah pola pikir kita. Memang sulit mempercayai sebuah kalimat, namun kita tetap harus yakin bahwa kita punya potensi dan Tuhan akan selalu membantu kita dengan cara dan perantara yang berbeda-beda.
Apa lagi yang membuat kita ragu akan perubahan? Melakukan perubahan ke arah yang lebih baik harus selalu kita lakukan. Hal yang kita lakukan lebih baik  berbeda dengan kebanyakan orang lain, karena jika kita melakukan hal yang banyak dilakukan oleh orang lain itu berarti kita adalah sama seperti orang lain, bukan diri kita sendiri. Jadi buatlah perubahan untuk dirimu sendiri maka kamu dapat membuat perubahan untuk lingkungan dan duniamu.


                                                                                 

No comments:

Post a Comment