2013-02-19

(refleksi) Be A Good Mathematic Teacher


Setiap siswa memliki kebutuhan yang berbeda-beda. Memiliki karakter yang berbeda pula. Sebagai seorang guru yang menjadi panutan bagi siswa-siswanya, maka guru sebaiknya mengetahui apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan semua siswanya, memahami karakter anak didiknya dan memberikan perlakuan yang sesuai dengan apa yang diharapkan siswa-siswanya. Oleh karena itu, guru harus mampu menjadi guru yang diinginkan siswanya, bukan malah siswa yang mampu menjadi siswa yang diinginkan gurunya.
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai seorang siswa dengan baik untuk modal awal menjalani pendidikan di dalam hidupnya. Setap siswa juga memiliki cara sendiri untuk belajar matematika. Untuk itu, guru harus dapat mengajarkan matematika di tingkat sekolah dasar sesuai apa yang diinginkan siswanya. Beberapa teknik mengajar matematika kepada siswa sekolah dasar adalah sebagai berikut:
·         Membangun suasana yang menyenangkan sehingga memberikan semangat terhadap murid untuk belajar matematika
·         Memulai pelajaran dengan berdoa terlebih dahulu
·         Mengajar tidak hanya berpusat pada beberapa siswa saja, namun dapat mencakup keseluruhan dalam satu kelas
·         Menggunakan permasalahan-permasalahan sehari-hari dalam pelajaran matematika
·         Dapat menghargai dan mengapresiasi jawaban setiap siswa walaupun jawaban belum tepat
·         Menggunakan berbagai sumber belajar untuk mengajar
·         Menggunakan metode yang bervariasi untuk mengajar
·         Menggunakan alat peraga yang dapat secara langsung digunakan oleh setiap siswanya
·         Menggunakan alat peraga yang bervariasi sesuai materi yang diajarkan
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan praktik yang berhubungan dengan alat peraga pelajaran matematika
·         Membuat LKS yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa secara mandiri maupun kelompok
·    Membuat website yang berisi pelajaran dan sumber-sumber belajar agar siswa dapat melihat dan mencoba belajar sendiri
·    Memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat menemukan kesimpulan dan rumus sendiri, tidak langung diberi tahu secara utuh
·        Tidak memberikan soal-soal latihan yang diluar kemampuan siswa
Seorang guru tidak berhak memaksa murid untuk selalu mengikuti pola pikir gurunya. Murid memiliki kemampuan sendiri untuk menemukan, mengembangkan dan menyimpulkan pengetahuan yang diperolehnya. Dengan begitu, apa yang diperoleh murid akan lebih melekat diingatannya dan akan lebih bermanfaat untuk kedepannya.

Resource:

No comments:

Post a Comment