Setiap siswa memliki kebutuhan yang berbeda-beda. Memiliki karakter yang
berbeda pula. Sebagai seorang guru yang menjadi panutan bagi siswa-siswanya,
maka guru sebaiknya mengetahui apa yang menjadi kebutuhan-kebutuhan semua siswanya,
memahami karakter anak didiknya dan memberikan perlakuan yang sesuai dengan apa
yang diharapkan siswa-siswanya. Oleh karena itu, guru harus mampu menjadi guru
yang diinginkan siswanya, bukan malah siswa yang mampu menjadi siswa yang
diinginkan gurunya.
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai seorang
siswa dengan baik untuk modal awal menjalani pendidikan di dalam hidupnya.
Setap siswa juga memiliki cara sendiri untuk belajar matematika. Untuk itu,
guru harus dapat mengajarkan matematika di tingkat sekolah dasar sesuai apa
yang diinginkan siswanya. Beberapa teknik mengajar matematika kepada siswa
sekolah dasar adalah sebagai berikut:
·
Membangun suasana yang menyenangkan
sehingga memberikan semangat terhadap murid untuk belajar matematika
·
Memulai pelajaran dengan berdoa terlebih
dahulu
·
Mengajar tidak hanya berpusat pada
beberapa siswa saja, namun dapat mencakup keseluruhan dalam satu kelas
·
Menggunakan permasalahan-permasalahan
sehari-hari dalam pelajaran matematika
·
Dapat menghargai dan mengapresiasi jawaban
setiap siswa walaupun jawaban belum tepat
·
Menggunakan berbagai sumber belajar untuk
mengajar
·
Menggunakan metode yang bervariasi untuk
mengajar
·
Menggunakan alat peraga yang dapat secara
langsung digunakan oleh setiap siswanya
·
Menggunakan alat peraga yang bervariasi
sesuai materi yang diajarkan
·
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melakukan kegiatan praktik yang berhubungan dengan alat peraga pelajaran
matematika
·
Membuat LKS yang dapat menunjang kegiatan
belajar siswa secara mandiri maupun kelompok
· Membuat website yang berisi pelajaran dan
sumber-sumber belajar agar siswa dapat melihat dan mencoba belajar sendiri
· Memberikan kesempatan kepada siswa agar
dapat menemukan kesimpulan dan rumus sendiri, tidak langung diberi tahu secara
utuh
· Tidak memberikan soal-soal latihan yang
diluar kemampuan siswa
Seorang guru tidak berhak memaksa murid untuk selalu mengikuti pola pikir
gurunya. Murid memiliki kemampuan sendiri untuk menemukan, mengembangkan dan
menyimpulkan pengetahuan yang diperolehnya. Dengan begitu, apa yang diperoleh
murid akan lebih melekat diingatannya dan akan lebih bermanfaat untuk
kedepannya.
Resource:
No comments:
Post a Comment