2013-02-22

(refleksi) H arapan Pembelajaran Matematika???


Jika membicarakan harapan dan keinginan manusia, itu tidak akan ada habisnya. Setelah mencapai satu keinginan, maka manusia akan memiliki keinginan yang lain lagi untuk diwujudkan. Seperti halnya harapan kita terhadap suatu pembelajaran matematika di SD. Apabila menggunakan metode pembelajaran yang berhasil meningkatkan kualitas siswa, maka tidak cukup sampai disitu saja metode yang digunakan. Karena dengan bergulirnya waktu, perkembangan jaman akan menuntut kita untuk mengembangkan lagi metode-metode yang telah ada dan digunakan.
Banyak sekali sumber-sumber di lingkungan kita ini yang dapat dimanfaatkan untuk inovasi baru dalam sistem pembelajaran matematika. Apa yang kita lihat dan apa yang kita punya itu bisa menjadi bahan pemelajaran kita nanti. Kita tidak perlu berimajinasi yang tinggi-tinggi untuk mendapatkan inovasi baru dalam pembelajaran. Kita hanya butuh sesuatu yang nyata, sesuatu yang kongkrit untuk memenuhi itu semua.
 Jadi untuk mencapai harapan kita dalam pemebelajaran matematika, kita tidak perlu menunggu permintaan seperti apa yang diinginkan anak didik maupun Dinas Pendidikan. kita harus memiliki inisiatif sendiri berfikir lebih inovatif dalam pembelajaran matematika. Dengan mencoba, mencoba dan terus mencoba inovasi-inovasi baru yang kita kembangkan sendiri tanpa menunggu tuntutan jaman, itu berarti kita telah mencoba untuk merubah diri kita, cara kita, dan pola pikir kita ke arah yang lebih baik. Perubahan-perubahan itu, tentunya masih dalam kaidah-kaidah norma yang berlaku.

resource:

No comments:

Post a Comment