2013-02-26

refleksi: To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)



Pendidikan merupakan sebuah sistem yang memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi lebih baik. Dalam pendidikan terdapat suatu sistem pembelajaran. Sebelum seorang guru melakukan proses pembelajaran, sebaiknya guru harus membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
Pembuatan RPP memiliki sistematis perencanaan yang akan dicapai guru dalam proses pembelajaran. Komponen RPP diantaranya meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi. Guru harus mampu membuat dan melaksanakan RPP dengan baik. Dapat benar-benar mengetahui dan memahami tujuan pembelajaran tersebut sehingga dapat menentukan indikator yang ingin dicapai. Metode pembelajaran yang digunakan juga disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Menggunakan berbagai variasi sumber belajar dan alat peraga sehingga menghasilakan inovasi baru dalam pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru juga perlu melakukan apersepsi agar siswa dapat menyiapkan diri untuk memulai belajar. Di kegiatan inti, guru juga memberikan kesempatan anak didik untuk mengeksplore kemampuan anak didik dalam mengembangkan potensinya sehingga dapat menemukan kesimpulan dari kegiatan yang telah dipelajarinya. Sistem penilaian atau evaluasi harus sesuai prosedur, jenis, bentuk tes dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.
Betapa pentingnya RPP untuk kesuksesan pembelajaran. Tanpa adanya RPP, guru tidak memiliki landasan atau acuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yang dilakukannya. Untuk itu, seorang guru harus membuat RPP sendiri agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung sesuai harapan guru tersebut. RPP juga memberikan kesempatan pada guru untuk mengajar menggunakan caranya sendiri dan menciptakan inovasi baru yang masih dalam prosedur pembelajaran.

 resource:

No comments:

Post a Comment