2013-06-06

Refleksi : Ritual Ikhlas 32

Maha Besar Allah yang telah menciptakan bumi dan isinya, terutama manusia. Namun tidak ada diantara kita yang dapat melihat bahkan hanya mengilustrasikan wajah Allah. tidak ada suatu benda semurni dan seberharga atau semahal apapun yang dapat menyerupai Allah. seperti yang telah disebutkan dala Al-Quran  QS. Asy-Syuura: 11 yang artinya, “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”.
Allah memiliki Dua wajah,  pertama adalah jalal-Nya, yaitu nama Allah yang menunjukkan kebesaran-Nya, keagungan-Nya, kemahaperkasaan-Nya, ketidakdapat-terbantahan-Nya, dan kekuatan-Nya untuk memaksa manusia, yang sangat berat siksaan-Nya, Al-Mutaqim-Sang Pembalas Dendam. Yang kedua adalah dari sisi jamaliyyah-Nya, yaitu sisi yang menunjukkan keindahan-Nya. Jika jalal berhubungan dengan zat Allah, maka jamal berhibungan dengan sifat-sifat Allah. Kita tidak bisa mengenal Zat-Nya karena Dia berbeda dengan kita. Tetapi Allah memperkenalkan diri-Nya melalui sifat-sifat-Nya. Diantara sifat-sifat Allah yang jamal adalah:kasih sayang-Nya, anugerah-Nya, kenikmatan-Nya, karunia-Nya, dan pemeliharaan-Nya.
Sungguh kita harus percaya akan hal itu. Dia lah yang menciptakan kita, Dia lah yang menghidupi kita dengan rizki yang Dia limpahkan begitu besar kepada kita. Jangan sampai kita mengilustrasikan bentuk maupun wajahNya ke dalam benda-benda ciptakaan kita. Allah adalah sumber dari segala Zat yang berharga dan yang sangat suci.

No comments:

Post a Comment